16 June 2015

Cara Bertahan di SERP walau Jarang Update Blog?

Tags

SEO (search engine optimization) kata yang selalu di hubungkan dengan rating dan reputasi sebuah website, Presetasi rating blog akan meningkat jika si pemilik blog tersebut mengupdate sesering mungkin, benarkah begitu.? benarkah google lebih menyukai blog yang sering update dibandingkan dengan blog yang jarang update?

Seperti yang saya tulis dalam artikel 3 pilar utama dalam teknik SEO , frekuensi update posting merupakan salah satu pilar penting.

Namun demikian, harus ada pembuktian akan hal itu. Untuk itu saya sengaja tidak update posting untuk jangka waktu yang cukup lama, sekitar 6(enam) bulan tidak update posting.

Apakah perkembangan blog ini negatif atau sebaliknya, positif?
Hasilnya cukup aneh, perkembangan blog saya malah menunjukkan grafik yang meningkat (berdasarkan data google analytics dan alexa). Beberapa katakunci pun malah tetap pada posisi dimana saya meninggalkannya, Bahkan beberapa malah meningkat posisinya. Artinya SERP blog ini tetap stabil,
Apakah google sudah tidak peduli lagi dengan frekuensi update?
Jika mengambil kesimpulan seperti itu masih terlalu cepat rasanya, apalagi fitur baru google, realtime search, peringkatnya disusun berdasarkan waktu terakhir kali posting.

Baca juga: Tips Search Engine Optimization untuk Blog

Jadi, mari kita ambil kesimpulan lain, Google tetap menjadikan frekuensi update posting sebagai salah satu faktornya. Akan tetapi, jika suatu blog dianggap tetap memiliki manfaat bagi para pencari, google akan tetap mempertahankan rangking blog tersebut, walau blognya jarang update.

Intinya, buatlah pembaca merasa artikel anda benar-benar bermanfaat & merasa betah berlama-lama di blog anda. Dengan begitu, seandainya google juga memperhitungkan waktu lamanya seorang pencari membuka suatu halaman, blog andat akan lebih mudah untuk bertahan di SERP jika pembaca betah berlama-lama di blog anda.

Apa yang harus dilakukan agar blog dapat bertahan di SERP?
Agar blog tetap memiliki jumlah kunjungan yang positif walau blog jarang update, Buatlah artikel-artikel pilar. Arti artikel pilar disini adalah artikel yang tetap banyak dicari orang setiap harinya walau trend telah berubah. Caranya bisa dengan menargetkan katakunci abadi (kata kunci yang selalu dicari orang setiap harinya, lawan kata dari katakunci musiman).

Selain itu, Agar dapat dengan mudah mempertahankan posisi di SERP, Blog anda harus memiliki jumlah backlink yang cukup dengan Anchor text sesuai katakunci yang ditargetkan. Ini ilmu lama yang masih ampuh sampai sekarang. Walau bagaimanapun, Backlink tetap menjadi jiwa SEO itu sendiri dari zaman ke zaman.(D)


EmoticonEmoticon